Minggu, 25 April 2010

Potensi Berbagai Kerajinan Di Magelang


Sektor kerajinan di kabupaten Magelang memang cukup potensial. Ini bisa dilihat dari banyaknya jenis kerajinan yang ada di kabupaten Magelang. Anda bisa melihat di sepanjang jalan menuju ataupun keluar kota Magelang bahwa banyak terdapat macam-macam kerajinan di sepanjang jalan tersebut.

Kerajinan Batu

Salah satu yang sangat terkenal di Kabupaten Magelang adalah kerajinan dari batu. Para pengrajin patung batu ini selain memproduksi patung batu juga memproduksi alat-alat rumah tangga yang berasal dari batu seperti cobek, dan lain-lain.

Daerah yang memproduksi kerajinan patung batu dan kerajinan ini berada di Kecamatan Muntilan dan Salam, terutama di sepanjang jalan Semarang-Yogyakarta. Kita dapat melihat banyak kerajinan dari batu yang di pamerkan di sepanjang jalan tersebut. Patung-patung tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam.

Miniatur Candi

Miniatur candi sebenarnya adalah bagian dari kerajinan dari batu. Hanya saja dalam proses finishingnya lebih dipercantik dengan diberikan gip agar lebih menarik dan aman jika terjadi benturan atau jatuh.

Harganya juga variatif, mulai dari Rp. 50.000,- hingga harga Rp. 2.000.000,-. Bahkan ada pesanan yang harganya mencapai hingga Rp. 20.000.000,- Para pengrajin miniatur candi ini berada di Kecamatan Borobudur tepatnya di desa-desa sekitar candi borobudur.

Kerajinan Bambu

Kerajinan dari bambu di kabupaten Magelang banyak sekali di temui. Kerajinan ini biasanya dijual di pasar-pasar maupun di obyek-obyek wisata di Kabupaten Magelang seperti Candi Borobudur, Mendut, dan tempat-tempat lain.

Kerajinan dari bambu ini biasanya berupa tempat lampu dari bambu, tempat koran dari bambu, kalung bambu, gelang, penjepit rambut hingga kipas bambu. Penjualan kerajinan bambu hingga saat ini cukup bagus, terutama di daerah-daerah obyek wisata.

Banyak wisatawan yang menyukai produk-produk bambu ini. Hingga kini, pemasarannya sudah mencapai daerah Purworejo, Cilacap, Jogja dan Pangandaran.

Kerajinan Kerang

Meskipun Kabupaten Magelang tidak mempunyai pantai namun, di Kabupaten ini juga berkembang kerajinan yang berasal dari kerang. Biasanya bahan baku kerang didatangkan dari Purworejo dan Cilacap. Yang unik adalah para pengrajin kerajinan kerang ini tinggal di pegunungan yang jauh dari laut/pesisir. Pengrajin tersebut berada di Desa Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Kerajinan Kaligrafi
Kerajinan Kaligrafi di Kota Magelang sangat terkenal. Bahkan seni kaligrafi yang ada di kota ini sering mengikuti pameran-pameran karya seni di berbagai daerah.

Kerajinan ini menjadi salah satu kerajinan unggulan kota Magelang, karena tidak banyak yang dapat membuatnya. Dibutuhkan kemampuan seni yang cukup tinggi, skill yang baik dan kerja keras.

Target pasar kerajinan ini terutama untuk warga kelas menengah keatas karena bahan yang digunakan sering dari logam sehingga relatif mahal. Pemasarannya sudah mencapai Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Batam dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Di kota dan kabupaten Magelang sendiri peminat karya seni kaligrafi ini cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena kabupaten Magelang banyak terdapat pondok pesantren yang relatif identik dengan karya seni kaligrafi ini.

Kerajinan kalgrafi ini juga telah menembus pasar ekspor seperti ke Malaysia, Brunei dan negara-negara lain.

Kerajinan Mainan Anak-Anak

Kota Magelang juga terdapat beberapa industri rumah tangga yang membuat mainan anak-anak. Mainan anak-anak dari kota Magelang sangat disukai anak-anak. Untuk sementara ini, produksinya hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal dan beberapa daerah sekitarnya. Hasil dari produk-produk boneka ini tidak kalah dengan produk-produk pabrik.

Diolah dari berbagai sumber


Sumber :

http://bisnisukm.com/potensi-berbagai-kerajinan-di-magelang.html

8 Oktober 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar