Saat ini Departemen Perhubungan sedang mengkaji rincian rancangan teknik jembatan dan rel. Departemen juga sedang melakukan sosialisasi kepada pemerintah kabupaten yang wilayahnya dilewati rel.
Tundjung mengatakan bahwa dana untuk menghidupkan kereta api ini cukup besar. Untuk investasi, dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dibutuhkan bagi setiap kilometer adalah Rp 15-20 miliar.
"Tinggal kalikan saja berapa panjang rel keretanya," ujar Tundjung. Jalur kereta api Yogyakarta- Magelang yang akan dihidupkan pemerintah sekitar 30 kilometer sehingga total dibutuhkan biaya Rp 450-600 miliar.
Yogyakarta-Magelang di zaman Belanda dilayani kereta dengan rute Yogyakarta-Magelang-Secang-Temanggung-Parakan. Tapi rute ini berhenti pada 1976.
Sumber :
http://www.tempointeraktif.com/ dalam :
http://dishub-diy.net/index.php?option=com_content&view=article&id=479:kereta-api-magelang-yogya-hidup-lagi-2011&catid=37:berita&Itemid=54
16 November 2009
horee..kalau emang jadi terealisir pastinya jadi banyak kenangan yang ditampilkan lagi.
BalasHapusmajulah magelangku.
so sweet-lah pokokke