Minggu, 25 April 2010

Kabupaten Mageleng


Kabupaten Magelang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kota kabupaten ini adalah Kota Mungkid yang terletak di Kecamatan Mungkid. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung di utara, Kabupaten Semarang danKabupaten Boyolali di timur, Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di barat.

Candi Borobudur, sebuah mahakarya peninggalan Dinasti Syailendra yang kini menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia, berada di wilayah Kabupaten Magelang.


Geografi

Magelang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Boyolali terdapat Gunung Merbabu (3.141 meter dpl) dan Gunung Merapi (2.911 m dpl). Bagian barat (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo) terdapat Gunung Sumbing (3.371 m dpl). Di bagian barat daya terdapat rangkaian Bukit Menoreh. Bagian tengah mengalir Kali Progo beserta anak-anak sungainya menuju selatan. Di Kabupaten Magelang terdapatKali Elo yang membelah dua wilayah ini. Pertemuan kembali kedua titik itu terletak di desa Progowati yang konon dahulu di tempat itu lebih banyak wanitanya dibanding pria.


Pembagian Administratif

Kabupaten Magelang terdiri atas 21 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desadan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Mungkid.

Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang adalah sebagai berikut.

  1. Mungkid
  2. Muntilan
  3. Grabag
  4. Salam
  5. Salaman
  6. Ngluwar
  7. Tempuran
  8. Srumbung
  9. Borobudur
  10. Ngablak
  11. Bandongan
  12. Sawangan
  13. Secang
  14. Tegalrejo
  15. Mertoyudan
  16. Dukun
  17. Candimulyo
  18. Windusari
  19. Kajoran
  20. Kaliangkrik
  21. Pakis

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Magelang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar